Powered By Blogger

Sabtu, 01 Desember 2012

Penggunaan fungsi LOOKUP berikut contohnya


Cara Menggunakan Fungsi Lookup

Fungsi Lookup digunakan untuk mengambil atau membaca informasi dari tabel lain untuk dijadikan referensi ke dalam tabel yang sedang dianalisis. Fungsi Excel yang terdapat pada kategori Lookup & Reference ini salah satunya adalah Hlookup dan Vlookup.

Berikut ini diberikan contoh penggunaan fungsi Vlookup untuk menentukan huruf dan beasiswa yang didapatkan dari hasil nilai mata pelajaran yang diujikan. Dengan ketentuan seperti pada tabel berikut ini.
 
Nilai
Huruf
Beasiswa
Kurang dari 5
E
Tidak dapat
Antara 6 – 7
D
Tidak dapat
Antara 7 – 8
C
Tidak dapat
Antara 8 – 8.5
B
25% SPP
Lebih besar dari 8.5
A
50% SPP
contoh berikut ini adalah Vlookup maka penyusunan tabel  
 

Penyusunan tabel Vlookup

Bentuk dari fungsi Vlookup adalah:

Vlookup(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup)

       Lookup_value, nilai yang dipakai sebagai dasar awal melakukan referensi pada tabel yang sedang dianalisis.
      Table_array, rangkaian sel pada tabel informasi (tabel yang dipakai untuk mencari informasi).
col_index_num, posisi (nomor) kolom yang dipakai untuk pencarian informasi.
       Range_lookup, berupa nilai logika berisi True atau False. Jika bernilai True (tidak perlu disebutkan nilainya), maka tabel informasi harus diurutkan secara ascending.

Selanjutnya anda dapat menuliskan formula pada sel K8 sebagai berikut:
=VLOOKUP(J8,$D$21:$F$25,2)

J8 adalah nama sel nilai lookup, $D$21:$F$25 adalah range (rangkaian sel) tabel informasi dan 2 adalah posisi (nomor) kolom pada tabel informasi (kolom Huruf).

Sedangkan pada sel L8 formulanya adalah sebagai berikut:
=VLOOKUP(J8,$D$21:$F$25,3)

Pada formula sel L8 ini yang berbeda adalah posisi (nomor) kolom yang yang dipakai untuk referensi yaitu kolom 3 dari tabel informasi (kolom Beasiswa).

 












Tidak ada komentar:

Posting Komentar